Pengertian Komputer



DigitalPedia - jaman ini teknologi semakin pesat dengan ditemukannya komputer yang mempermudah kerja manusia, di artikel ini akan dijelaskan pengertian komputer, secara umum dan lengkap beserta fungsinya.

Kata komputer diambil dari bahasa latin yaitu computare yang mempunyai arti menghitung. Di bawah ini adalah definisi komputer dari para ahli.

Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output atau keluaran berupa informasi.

Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas untuk menerima masukan, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah- perintah dan hasil dari pengolahan, menyediakan alat dalam bentuk informasi.
Komputer adalah suatu pemroses dsta yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk penghitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.

Untuk mewujudkan konsepsi komputer sebagai pengolah data untuk menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan tiga elemen yaitu sistem komputer yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak dan manusia. Hardware ( Perangkat Keras ) tidak akan berfungsi apabila tanpa adanya software ( Perangkat Lunak ). Keduanya tidak berjalan jika tidak ada manusia ( Brainware ) yang mengoperasikan atau mengendalikannya.

Tujuan komputer diciptakan adalah untuk mengolah data dan menghasilkan sebuah informasi. Agar komputer dapat digunakan, bagian komputer harus bersatu. Bagian-bagian itu bersatu untuk pengerjaan komputer.

Bagian-bagian komputer terdiri atas Hardware ( Perangkat Keras ), Software ( Perangkat Lunak ), dan Brainware ( Manusia ).
Hardware atau perangkat keras adalah bagian fisik komputer yang dapat dilihat dan diraba.

Gambar : Aneka perangkat keras komputer

Perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk pengolahan data.

 Gambar : CD Sistem operasi Linux, Sumber : en.wikipedia. org
Manusia adalah orang yang mengendalikan atau mengoperasikan komputer dan mengatur jalannya komputer.

Ketiga bagian tersebut harus saling mendukung dan bersatu untuk berjalannya sebuah perangkat komputer. Komputer sangat bermanfaat bagi manusia untuk mempermudah pekerjaan, tempat berbagi & mencari informasi serta mengolah data.

Komputer pertama diciptakan hanya sebagai mesin penghitung. Namun, seiring perkembangan zaman teknologi yang begitu pesat menjadikan komputer tidak hanya mampu menghitung. Komputer juga mampu mengolah data, baik berupa angka maupun huruf.

Komputer adalah peralatan elektronik yang dapat menerima data masukan, mengolah data ( proses ), memberikan informasi keluaran, dan menggunakan suatu program yang tersimpan di memori komputer. 

Komputer juga dapat menyimpan program dan hasil pengolahan serta bekerja otomatis. Pengolahan data yang menggunakan komputer ini disebut pengolahan data elektronik.

Mungkin itu saja mengenai Pengertian Komputer, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

3 Komentar

  1. Jdi sbnrnya tujuan komputer dibuat untuk mengolah data

    ReplyDelete
  2. Sekarang aku ngerti tentang enaknya komputer tp udah terlanjur beli laptop hehehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel