Pengertian Broadband



DigitalPedia - Era booming Internet Broadband tampaknya sudah memasuki hampir setengah dekade dalam sejarah internet. Meski sudah cukup berumur, tetapi masih saja diminati bahkan tambah meluas di masyarakat. Khususnya di Indonesia sudah mulai melirik broadband sebagai media komunikasi internet utamanya.

Berikut di artikel ini Saya jelaskan pengertian atau definisi broadband secara umum dengan kelebihan dan kekurangan broadband.


Broadband didefinisikan sebagai jaringan atau servis internet yang memiliki kecepatan transfer yang tinggi karena lebar jalur data yang besar. Kecepatan transfer yang bisa digunakan sampai sekitar 128kbps atau lebih. 

Meskipun jalur data yang disediakan untuk penggunanya sangat lebar, teknologi internet broadband biasanya jalur data akan dibagikan dengan pengguna sekitarnya. Jaringan Internet broadband biasanya digunakan oleh banyak kalangan dari mulai pelajar, gamers, sampai dengan kantor dan perusahaan.


Broadband menjadi terkenal karena teknologi jaringan internet umum seperti dial-up sudah tidak memadai lagi untuk digunakan dalam aplikasi saat ini. Pada umumnya, aplikasi-aplikasi tersebut membutuhkan kecepatan internet yang tinggi dengan waktu tempuh data yang tidak lama. 



Maka dari itu lah, broadband berkembang sebagai solusi yang tepat dengan kemampuannya dan juga keekonomisannya.


Gambar : Fiber Network Server, Sumber : www.govtech.com

Broadband merupakan koneksi yang cukup praktis, karena dengan membayar biaya yang relatif murah, Anda bisa mendapatkan koneksi internet yang cukup cepat meski tidak seterusnya stabil. 



Dengan biaya yang tidak terlalu besar, Anda bisa menjalankan berbagai aplikasi boros bandwith, Namun tidak dijamin kelancarannya ketika banyak yang tersambung atau pengguna yang terkoneksi. 


Selain itu, coverage area dari koneksi broadband juga sering menjadi kelemahannya. Area coverage dari teknologi ini memang belum bisa terlalu luas karena keterbatasan teknis.

Bila ingin melihat ulasan tentang broadband secara lengkap bisa ke blog ini : https://jagad.id/pengertian-broadband/

Mungkin itu saja penjelasan mengenai pengertian atau definisi broadband beserta kelebihan dan kekurangannya, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

0 Komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel