14 Bahasa Pemrograman Terpopuler 2020



DigitalPedia - bahasa pemrograman secara garis besar merupakan bahasa untuk membangun sebuah program baik sistem, aplikasi, situs atau website, dsb. Bahkan, Job atau sebagai Programmer merupakan salah satu pekerjaan yang masuk dalam top 10 pekerjaan yang diminati dan dicari di tahun 2020. 

Selain itu menjadi Programmer Anda bisa berkerja dengan mudah dan banyak dicari perusahaan.

Anda belum tau harus mulai darimana?, eitsss...tenang aja hal pertama yang harus dilakukan jika ingin menjadi Seorang Programmer adalah memilih jenis bahasa pemrograman yang Anda minati atau sukai.

Berikut di artikel ini Saya ulas macam-macam bahasa pemrograman paling terpopuler 2020, serta bahasa pemrograman terbaik yang harus dikuasai dan tingkat kesulitan yang lumayan mudah untuk Anda pemula yang baru menginjakan kaki di dunia programming.

Python


Python merupakan bahasa pemrograman yang sampai saat ini banyak diminati, Python banyak diminati karena mudah dipelajari dan ini Saya sarankan untuk Anda yang baru menginjakan kaki di dunia programming untuk memilih Python sebagai pemrograman yang dipelajari. 

Python banyak digunakan untuk proyek saintifik seperti Machine Learning, Big Data, hingga Artifficial Intelegence.

Dari belajar menguasai Python sampai mahir Anda dapat berprofesi menjadi Programmer, Data Engineer, Data Science, Data Analysis, hingga Back End Developer yang banyak dipekerjakan di perusahaan besar Google, Youtube, dan Instagram. 

Python merupakan bahasa pemrograman yang berorientasi objek dan bersifat dinamis serta banyak komunitas, forum hingga tutorial-tutorial nya yang membuat makin banyak diminati sehingga menjadi bahass pemrograman terpopuler 2020.

Javascript


Javascript merupakan bahasa pemrograman yang berbasis web, kurang lebih 90% situs web menggunakan bahasa pemrograman Javascript. Bahasa nya yang banyak diminati banyak kalangan programmer karena dari belajar Pemrograman Javascript jika Anda migrasi ke Pemrograman lain Anda sudah tau konsep dasarnya.

Dari belajar Pemrograman Javascript Anda dapat peluang karir menjadi Web Developer, Software Developer hingga Game Developer. Javascript menjadikan salah satu pemrograman paling populer 2020 dan bahasa pemrograman web yang paling banyak digunakan.

Java


Banyak sekali aplikasi dan game di platform Android yang publish setiap tahunnya, bagi Anda yang ingin membuat dan mengembangkan aplikasi atau game di Android pilihan tepat untuk belajar pemrograman Java.

Yups Java menjadi bahasa pemrograman terpopuler 2020 serta bahasa pemrograman yang baik untuk dikuasai, Java sendiri banyak menggunakan syntax dari bahasa C & C++. Jika Anda ingin berkarir sebagai Developer Aplikasi, Java adalah pilihan yang tepat.

Kotlin


Kotlin merupakan bahasa pemrograman yang diluncurkan pada tahun 2015, ya..masih baru masih anget. Bahasa pemrograman kotlin banyak disukai di kalangan Developer karena syntax nya yang sederhana, selain itu pemrograman ini open source dan terus meroket.

Dikarenakan perusahaan Google mengklaim bahwa bahasa pemrograman kotlin akan dijadikan bahasa pengembangan utama di platform Android sehingga banyak para programmer belajar kotlin dengan jiwa yang menggebu-gebu.

Pertengahan tahun 2017 lowongan atau job kotlin meningkat tajam secara signifikan sehingga di saat ini terus meningkat sebagai bahasa pemrograman terpopuler dan banyak dikuasai di tahun 2020.

Typescript


Typescript merupakan bahasa pemrograman yang berbasis Javascript dan bisa dikatakan sama, yang membedakan hanyalah Typescript ditambahkan fitur Strong-typing dan konsep pemrograman objektif atau OOP( Object Oriented Programming ).

Dalam pembuatan aplikasi akan lebih mudah karena bahasa ini mempunyai class, modul, dan interface. Typescript salah satu rekomendasi pemrograman terpopuler 2020 serta unik.

Swift


Swift masuk rekomendasi bahasa pemrograman terpopuler 2020, bahasa pemrograman ini diciptakan perusahaan teknologi raksasa yaitu Apple. Swift dirancang khusus untuk mengembangkan aplikasi IOS. Swift menawarkan pengembangn syntax yang sederhana dan kohesif.

Golang


Golang merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh perusahaan Google. Pihak google mengklaim akan mengelola dan mengembangkan golang untuk proyek mereka, Syntax pada bahasa pemrograman Golang sangatlah mudah dibaca dan dipahami.

Golang disebut sebagai bahasa yang dikembangkan dari bahasa pemrograman C dan bahasa lain yang di mix atau dicampur dan disederhanakan serta efisien.
Saya menyarankan untuk Anda pelajari Golang, Golang juga banyak diminati sehingga menjadi bahasa pemrograman paling populer 2020.

C++


Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa yang berorientasi objek yang dikembangkan pada tahun 1985. C++ masih banyak digunakan untuk membuat sistem aplikasi dekstop hingga server, bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa yang efisien dan dinamis yang banyak digunakan untuk membuat sistem, game, IoT, machine learning, embedded system dan distributed system.

Pengeksekusian pemrograman C++ lebih cepat dan memori ringan. C++ masuk sebagai pemrograman yang masih populer di tahun 2020.

C#


C# atau disebut C Sharp  merupakan pemrograman berorientasi objek yang banyak digunakan untuk membuat game sehingga banyak Developer Game yang memakai pemrograman C#. C# dikembangkan oleh Microsoft dan menggunakan .NET Framework yang fleksibel pada Windows, C# banyak digunakan dalam pembuatan game berbasis dekstop. Bagi Anda yang ingin berkarir sebagai pembuat game, Saya sarankan untuk belajar pemrograman C#.

PHP


PHP atau disebut PHP Hypertext Preproccesor masuk ke pemrograman yang terpopuler tahun 2020 merupakan bahasa pemrograman yang berjalan di sisi server dan digunakan dalam pembuatan server. PHP banyak digunakan untuk mengembangkan web sehingga tak heran banyak kalangan Web Developer menggunakan PHP untuk mengembangkan situs atau website nya.

Bahkan perusahaan sosmed raksasa yaitu Facebook menggunakan bahasa pemrograman PHP serta platform Wordpress dalam memanajemen konten. PHP mempunyai banyak Framework yang memudahkan Anda dalam proyek Anda seperti Laravel, Code Igniter, dll.

Selain itu banyak tutorial pembelajaran PHP dan lomunitas PHP yang aktif dan dapat dijadikan diskusi serta mencari pengetahuan lebih dalam. Anda ingin menjadi Web Developer?, pelajari pemrograman PHP.

Rust


Rust merupakan bahasa pemrograman yang banyak digunakan dalam platform github dikarenakan rust sendiri merupakan pemrograman open source. Rust tidak memakan banyak memori dan memiliki kinerja yang baik dan dinamis, Rust dapat digunakan untuk membuat system.

Visual Basic


Visual Basic merupakan bahasa pemrograman yang diluncurkan oleh perusahaan Microsoft. Bahasa ini mudah dipahami dan dibaca, cocok untuk pelajar. Maka tidak heran dengan kemudahan syntax nya Visual Basic dapat menjadi bahasa pemrograman terpopuler 2020.

Pemrograman ini salah satu bahasa OOP Microsoft yang menggabungkan basis .NET Framework dan Environment Run-time. VB.NET salah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk pemrograman Visual Basic dalam membuat aplikasi berbasis dekstop.

Ruby


Ruby merupakan bahasa pemrograman yang bersifat elegan dan dinamis serta OOP. Ruby memiliki kinerja yang efisien dan dapat digunakan dalam membuat aplikasi web dan GUI, Ruby dikembangkan di Jepang pada tahun 1990.

Ruby menjadi sorotan karena Framework Rails yang banyak disukai kalangan programmer. Bahkan, salah satu platform sosmed yaitu Twitter menggunakan bahasa pemrograman Ruby. Ruby masuk sebagai bahasa pemrograman terpopuler 2020.

SQL


Structured Query Languange atau disingkat SQL merupakan bahasa yang digunakan untuk mengakses dan memanajemen database. Bahasa ini digunakan sebagai standar dalam manajemen basis data, tak heran SQL menjadi salah satu bahasa pemrograman terpopuler 2020 dan bahasa yang harus dikuasai karena SQL digunakan untuk mengelola basis data.

Bagi Anda yang ingin menjadi Web Developer, Database Developer & Administrator, Data sciencetist & Analysis. Suatu keharusan untuk mempelajari SQL ini.

Mungkin itu saja mengenai 14 bahasapemrograman terpopuler tahun 2020, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

6 Komentar

  1. Ternyata masih banyak bahasa pemograman yang harus saya pelajari,, semangat terus

    ReplyDelete
  2. Java Sama JavaScript beda apa sama ya?? Btw kalo kotlin sekarang katanya akan menjadi bahasa pemrograman dengan prospek yang bagus

    ReplyDelete
  3. Javascript dan PHP yang saya tahu. Belajar pemprograman harus teliti dan serius. Thanks gan 👍

    ReplyDelete
  4. Bahasa pemrograman yang paling mudah untuk di pahami yang mana ya gan, soalnya saya masih pemula.

    ReplyDelete
  5. Belajar bahasa pemrograman membantu kita melatih pola pikir, kalau untuk belajar pemrograman bisa dimulai dari bahasa C (si) karna sintaksnya tidak beda jauh dengan bahasa pemrograman lain

    ReplyDelete
  6. Visual basic, C++ pernah nyicipin eh pas main blog malah nyicipin semua

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel