Sejarah Komputer



DigitalPedia - komputer memanglah alat yang tidak asing lagi bagi manusia, selain itu dalam sejarahnya, komputer diciptakan berukuran sangat besar, saking besarnya sampai ber ton-ton beratnya dan panjang kabelnya sampai ratusan kilometer. 

Penasaran?, simak berikut adalah sejarah komputer yang sudah dirangkum menjadi singkat dan mudah dipahami dari komputer generasi kesatu, kedua, ketiga, dan keempat dan seterusnya dengan para penemunya.

Asal muasal pembuatan komputer dimulai sejak tahun 1940-an. Pada tahun itu terjadinya Perang Dunia ke-2 yang membuat para ahli atau ilmuwan membuat sebuah perangkat komputer. Pada tahun 1941, seorang insyinyur sekaligus ilmuwan Jerman, yang bernama Konrad Zuse.

Gambar : Konrad Zuse, Sumber : en.wikipedia.org
Konrad Zuse berhasil menemukan sebuah perangkat komputer yang ia namai Z1. Z1 diambil dari nama Zuse. Konrad Zuse mengembangkan komputer nya hingga berhasil membuat komputer Z3. Komputer Z3 lebih banyak digunakan untuk tujuan perang. Kemudian, Zuse mengembangkan Komputer Z4, tetapi terhambat Perang Dunia ke-2.

Melihat Jerman menemukan sebuah perangkat komputer, sekutu yang dibantu oleh Inggris dan Amerika Serikat juga tidak mau ketinggalan. Pada 1943, Inggris membuat sebuah perangkat komputer yang dinamai Colossus. Seperti komputer Z3, komputer Colossus juga dibuat untuk mendukung perang. Kegunaan utama yang penting dari komputer Colossus adalah memecahkan kode atau sandi rahasia pasukan Jerman.

Gambar : Colossus, Sumber : en.wikipedia.org
Pada tahun 1944 Howard Hathaway Aiken, seorang insyinyur dari Universitas Harvard menciptakan sebuah perangkat kalkulator elektronik yang digunakan angkatan laut Amerika.

Gambar : Hothaway H. Aiken, Sumber : en.wikipedia.org
Komputer temuannya dinamai Mark I yang berukuran sangat besar, Panjang komputer ini 15, 3 meter, tingginya 2, 4 meter, dan beratnya 35 ton. Kabel untuk menghubungkab berbagai bagian-bagian komputer mencapai 800 kilometer. Pengerjaan komputer setiap penghitungan, komputer ini memerlukan waktu 3-5 menit.

Gambar : Mark I, Sumber : en.wikipedia.org
Kemudian Amerika menciptakan sebuah komputer modern. Pada tahun 1946 terciptalah perangkat komputer yang dinamai Electronic Numerical Integrator and Computer atau disingkat ENIAC. ENIAC merupakan generasi pertama komputer yang serbaguna. ENIAC pengerjaannya seribu kali lebih cepat daripada Mark I.

Gambar : ENIAC I, Sumber : en.wikipedia.org
Pada era selanjutnya, seorang ilmuwan komputer bernama John von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer atau disingkat EDVAC yang memiliki sebuah chip memori untuk menampung sebuah data dari pengerjaan.

Gambar : John von Neumann, Sumber : en.wikipedia.org
Gambar : EDVAC, Sumber :en.wikipedia.org
Penemuan ini membuat komputer dapat berhenti dan melanjutkan pengerjaannya lagi. Rancangan John von Neumann untuk EDVAC memiliki Central Proccesing Unit atau disingkat CPU yang berfungsi untuk mengatur kinerja komputer atau pengolahan data dari satu sumber yaitu CPU.

Pada tahun 1951, seorang ilmuwan komputer bernama Remington Rand menciptakan komputer bernama Universal Automatic Computer I atau disingkat UNIVAC I. Komputer ini adalah komputer pertama yang diperjualbelikan pada publik.

Gambar : UNIVAC I, Sumber : en.wikipedia. org
Pada tahun 1948 ditemukannya sebuah transistor yang berpengaruh besar terhadap perkembangan perangkat komputer. Pada tahun 1956, transistor menggantikan tube vakum yang digunakan pada komputer. Hal itu mengakibatkan berubahnya ukuran komputer besar menjadi kecil.

Gambar : Transistor, Sumber : en.wikipedia. org
Penemuan lainnya yaitu sebuah memori inti-magnetik yang membuat komputer generasu kedua berukuran lebih kecil, lebih cepat serta bisa diandalkan dan hemat energi. Komputer pertama yang menggunakan teknologi ini adalah superkomputer IBM.

Perusahaan IBM menciptakan sebuah superkomputer bernama Strech dan Sprey Rand. IBM juga menciptakan sebuah komputer bernama LARC. Komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom dan dapat mengolah data yang besar. Namun komputer LARC sangat mahal dan rumit penggunaannya untuk bisnis sehingga kurang populer.

Gambar : LARC IBM, Sumber : en.wikipedia.org
Pada awal tahun 1960-an, bermunculan komputer-komputer generasi kedua. Komputer generasi kedua telah menggunakan transistor dan memiliki perangkat yang mirip pada komputer saat ini, seperti printer, disket, memori serta sistem operasi dan perangkat lunak. Contohnya komputer IBM 1401 yang dipergunakan secara luas di dunia industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh pebisnis besar atau perusahaan besar menggunakan komputer generasi kedua sebagai alat untuk mengolah data keuangan.

Gambar : IBM 1401, Sumber : en.wikipedia.org
Pada tahun yang sama diciptakannya beberapa bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman diciptakan untuk menggantikan kode mesin atau kode biner yang rumit dengan kata-kata, aturan penulisan, dan formula matematika yang lebih mudah dipahamu manusia. Hal itu memudahkan manusia untuk memprogram dan mengatur komputer.
Meskipun komputer generasi kedua lebih hebat dari tube vakum, komputer generasi kedua yang menggunakan transistor menghasilkan panas yang besar yang membuat rusaknya bagian-bagian komputer.

Pada tahun 1958 ditemukannya batu kuarsa yang dapat menghilangkan masalah tersebut. Seorang ilmuwan bernama Jack Kilby menciptakan sirkuit terintegrasi ( Integrated Circuit atau disingkat IC ). IC menggabungkan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

Gambar : Jack Kilby, Sumber : en.wikipedia.org
Gambar : Integrated Circuit ( IC ), Sumber : en.wikipedia.org


Para ilmuwan lain berhasil memasukkan banyak komponen ke dalam chip yang dinamakan semikonduktor. Hal ini menghasilkan ukuran komputer semakin kecil.
Kemajuan komputer generasi ketiga digunakannya sebuah sistem operasi. Sistem ini memungkinkan komputer dapat menjalankan berbagai program berbeda secara bersamaan dengan program utama mengawasi dan mengatur memori komputer.

Mungkin itu saja mengenai sejarah asal muasal komputer, jangan lupa share ke teman - teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

14 Komentar

  1. Ada namanya Charles Babage orang yang membuat komputer dan beliau juga dijuluki sebagai Bapak Komputer.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap betul mas, beliau membuat mesin diferensk yg jdi cikal bakal komputer, Namun g saya bahas krna mnurut sy charles babbage menjurus ke mesin kalkulator, dan perhitungan mnjdi cikal bakal atau slh satu tjuan diciptakannya komputer
      Sedihnya mesin diferensi charles babbage diberhentikan proyeknya oleh atasannya

      Delete
  2. Wah berkat artikel ini wawasan saya soal seputar komputer jadi luas, makasih min artikelnya bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. terima kasih informasinya, ternyata perkembangan komputer sangat cepat sekali ya

    ReplyDelete
  4. mantap bg, info-infi kek ginian terus di update

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah bisa buat nambah wawasan nih, ternyata sekompleks itu ya seputar sejarah dunia komputer.

    ReplyDelete
  6. Terimakasih gan artikel nya bermanfaat menambah wawasan sejarah komputer

    ReplyDelete
  7. Saya tidak menyangka komputer pertama ditemukan oleh ilmuwan NAZI Jerman saat Perang Dunia II. Tidak bisa dibayangkan seperti sekarang tanpa komputer.

    ReplyDelete
  8. wah komplit banget sejarah komputernya untuk komputer generasi sekarang ini termasuk dalam kategori komputer generasi keberapa ya? sangat rapih penulisannya terimkasih informasinya

    ReplyDelete
  9. Mantap, makasih artikelnya, membantu ane dalam buat makalah sejarah komputer

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  10. Salut..Orang2 berjasa yg bnyak membantu kehidupan manusia dgn temuan komputernya

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel