Pengertian WPA dan fungsi WPA


DigitalPedia - tahukah Kamu bahwa setiap wifi mempunyai keamanan atau penjaga wifi supaya tidak gampang dibobol, WPA adalah salah satu metode atau fitur keamanan wifi yang ampuh dan tidak gampang di hack. Berikut di artikel ini Saya ulas pengertian WPA dan fungsi WPA secara singkat beserta cara kerja WPA.

Wi-Fi Protected Acces atau disingkat WPA merupakan suatu sistem yang digunakan dalam mengamankan jaringan nirkabel. Metode keamanan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem sebelumnya, yaitu WEP. 

Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metode pengamanan WEP. Sebagai pengganti dari sistem WEP, WPA mengimplementasikan layer dari IEEE, yaitu layer 802.11i. 

Nantinya WPA akan lebih banyak digunakan pada implementasi jaringan nirkabel. WPA didesain dan digunakan dengan alat tambahan lainnya, yaitu sebuah komputer pribadi (PC).


Fungsi dari komputer pribadi ini kemudian dikenal dengan istilah authentication server, yang memberikan key atau kunci yang berbeda kepada masing-masing pengguna atau client dari suatu jaringan nirkabel yang menggunakan akses point sebagai media sentral komunikasi. Seperti dengan jaringan WEP, metode enkripsi dari WPA ini menggunakan Algoritma RC4.


Gambar : Diagram proses Algoritma RC4

Pengamanan jaringan nirkabel dengan metode WPA ini, dapat ditandai dengan minimal ada tiga pilihan yang harus diisi administrator jaringan agar jaringan dapat beroperasi pada mode WPA ini. Ketiga menu yang harus diisi tersebut yaitu :

Server

Komputer server yang dituju oleh akses point yang kana memberi otentikasi kepada cliet. Bebersps perangkat lunak yang bisa digunakan antara lain freeRADIUS, openRADIUS dan lain-lain.

Port

Nomor port yang harus digunakan adalah 1812.

Shared Secret

Share Secret merupakan kunci yang akan dibagikan ke komputer dan juga kepada client secara transparan. Setelah komputer diinstall perangkat lunak otentikasi seperti freeRADIUS, maka sertifikat dari server akan diberi ke client.

Untuk menggunakan radiusSERVER bisa juga dengan tanpa menginstall perangkat lunak di sisi komputer client. Cara yang digunakan adalah Web Authentication dimana User akan diarahkan ke halaman login terlebih dahulu sebelum menggunakan jaringan Wireless. Dan server yang menangani autentikasi adalah radiusSERVER.

kalau Kamu ingin lebih lengkapnya silahkan ke web ini :
https://www.proweb.co.id/articles/ict/mengenal_wpa.html

Mungkin itu saja mengenai pengertian dan fungsi WPA, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

7 Komentar

  1. Wah mantap gan artikelnya, mantul ...

    ReplyDelete
  2. Kalau buat hotspot kan ada juga WPA2 PSK, itu bedanya dengan WPA apa? Ataukah sama?

    ReplyDelete
  3. Begini ya, maka Wifi yang pake keamanan WPA aman banget, soalnya udah enkripsi menggunakan Algoritma RC4.

    ReplyDelete
  4. Lalu perbedaan WPA dan WPS apa ya gan? Ngomong" artikelnya mantap

    ReplyDelete
  5. Baru denger juga, kalau boleh tanya Layer IEEE itu apa ya ?

    ReplyDelete
  6. Makasih pencerahannya, akhirnya tau sedkit tentang fungsi WPA

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel