Pengertian wifi dan spesifikasi wifi



DigitalPedia - Banyak sekali hingga saat ini perusahaan ataupun rumah-rumah yang menggunakan teknologi wifi, Namun mengapa wifi banyak digunakan saat ini?. Berikut dalam artikel ini Saya ulas pengertian wifi secara singkat dengan cara kerjanya beserta spesifikasi wifi.


Wi-Fi merupakan kependekan dari Wireless Fidelity merupakan sekumpulan standar yang digunakan untuk Jaringan Nirkabel Lokal ( Wireless Local Area Networks - WLAN ) yang didasari oleh spesifikasi IEEE 802.11. 

Awalnya Wi-Fi digunakan untuk perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal ( LAN ), Namun saat ini banyak digunakan untuk mengakses internet. 
Hal ini cenderung memungkinkan seseorang dengan komputer, dengan kartu nirkabel ( Wireless Card ) atau PDA ( Personal Digital Assistant ) untuk terhubung dengan internet dengan menggunakan titik akses atau dikenal hotspot terdekat.


Gambar : Modem Router TP-Link, Sumber : wikipedia.org


Spesifikasi Wifi

Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Saat ini ada empat variasi dari 802.11, yaitu :
802.11a
802.11b
802.11g
802.11n

Gambar : Spesifikasi Wi-Fi

Secara teknis operasional Wi-Fi merupakan salah satu varian teknologi komunikasi dan informasi yang berkerja pada jaringan dan perangkat WLAN (Wireless Local Area Networks). 

Dengan kata lain, Wi-Fi adalah sertifikasi merk dagang yang diberikan pabrikan kepada perangkat telekomunikasi atau internet yang berkerja di jaringan WLAN dan sudah memenuhi kualitas kapasitas interoperasi yang dipersyaratkan.

Teknologi internet berbasis Wi-Fi diciptakan dan dikembangkan oleh sekelompok insinyur Amerika Serikat yang berkerja pada Institue of Electrical and Electronic Engineers ( IEEE ) berdasarkan standar teknis bernomor 802.11b, 802.11a dan 802.16. 

Perangkat Wi-Fi sebenarnya tidak hanya mampu berkerja di jaringan WLAN, tetapi juga di jaringan Wireless Metropolitan Area Network ( WMAN ). Perangkat dengan standar teknis 802.11b dipergunakan untuk perangkat WLAN yang digunakan di frekuensi 2, 4 GHz atau frekuensi ISM ( Industrial, Scientific and Medical ). 

Sedangkan untuk perangkat berstandar teknis 802.11a dan 802.16 digunakan untuk perangkat WMAN atau juga disebut Wi-Max, yang berkerja di sekitar pita frekuensi 5 GHz.

Jika ingin melihat lebih lengkap berikut Saya sajikan :
https://www.nesabamedia.com/pengertian-wifi-beserta-fungsi-dan-cara-kerja-wifi/

Mungkin itu saja mengenai pengertian Wifi secara singkat dan cara kerjanya beserta spesifikasi Wifi, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

0 Komentar

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel