Mengenal Teknologi Jaringan 5G



Digitalpedia - muncul terobosan baru yaitu teknologi jaringan 5G dengan kecepatan 10 hingga 100 kali lipat dari jaringan 4G, selain itu jaringan 5G mempunyai dampak negatif bagi kehidupan salah satunya paparan radiasi dari jaringan 5G. Berikut di artikel ini Saya ulas mengenai jaringan 5G.

Penemu jaringan 5G

Michael Lemke
Penemu jaringan 5G bernama Michael Lemke, beliau orang yang ikut andil dalam teknologi 5G. Michael Lemke merupakan ahli fisika yang bergelar PhD dan sudah berkecimpung di dunia telekomunikasi hampir 24 tahun lamanya. Michael Lemke melakukan penelitian teknologi 5G di Dresden University of Technology sejak Januari 2016.

Keunggulan jaringan 5G

Ilustrasi 5G, Sumber : pixabay.com
Jaringan 5G mempunyai keunggulan sebagai berikut :
  • Mempunyai kecepatan data tinggi.
  • Menggunakan gelombang milimeter yang mudah diserap oleh benda.
  • Memiliki kecepatan satu mili per detik untuk transfer data.
  • Dapat terkoneksi dengan alat seperti telepon, mobil dan peralatan lainnya.
  • Memiliki kecepatan sekitar 800 Gbps.

Bahaya jaringan 5G

Bahaya 5G, Sumber : pixabay.com
Sebenarnya bahaya gelombang Jaringan 5G belum sepenuhnya dibenarkan, pada tahun 2015. 230 Peneliti dari 40 negara mempunyai kekhawatiran penggunaan gelombang milimeter wave serta mempunyai paparan radiasi yang berbahaya bagi kesehatan.

diketahui bahwa radiasi dari jaringan 5G dapat menimbulkan bahaya seperti melemahkan kemampuan radar burung serta serangga. Sebuah studi pada tahun 2010 bahkan mencatat bahwa sinyal elektromagnetik yang terpancar melalui menara jaringan telekomunikasi berpotensi untuk membingungkan para burung dan serangga saat mereka bermigrasi.

Menurut ahli fisika dan peneliti kanker David Robert Grimes jaringan 5G masih masuk ke dalam kelompok gelombang radio frekuensi rendah. Gelombang radio yang seperti ini disebut non-ionising

sebenarnya banyak yang menolak hadirnya teknologi jaringan 5G karena paparan radiasi nya merusak kesehatan, namun masih belum dipastikan teknologi jaringan 5G mempunyai unsur yang berbahaya bagi kehidupan karena belum ada penelitian lebih lanjut dan mendetail.


Kesimpulan

Kesimpulan Saya, kita harus lebih cermat terhadap teknologi baru. Terutama lebih memerhatikan dari sisi kesehatan dan keamanan, dan memperbanyak literatur-literatur dari sumber lain agar diri sendiri bisa menyimpulkan mana yang baik dan benar.

Referensi mengenai Jaringan 5G : https://id.wikipedia.org/wiki/5G

Mungkin seperti itu mengenai jaringan 5G,keunggulan 5G dan dampak negatif atau bahaya bagi kesehatan. Jangan lupa share ke teman-temanmu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

2 Komentar

  1. Jaringan 5G dianggap lebih canggih dibanding 4G. Tapi dampaknya bisa lebih buruk. Semoga jika Indonesia resmi menerima teknologi 5G, tidak ada dampak buruk.

    ReplyDelete
  2. Sesuaikan dengan kebutuhan. Gunakan dengan bijak

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel