Sejarah Internet



DigitalPedia - banyak sekali penggunaan internet di masa ini, namun Anda belum tau mengenai sejarah internet di muka bumi ini, di artikel ini Saya sajikan sejarah internet dunia atau intranet lengkap secara singkat beserta tokoh dan penemunya.

Sejarah dari adanya internet dimulai pada tahun 1969 ketika itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defensed Advanced Research Projects Agency ( DARPA ) mengadakan riset tentang bagaimana cara menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk sebuah jaringan.

Gambar : Lembaga DARPA, Sumber : en.wikipedia.org 
Proyek riset ini dinamakan ARPANET. Pada tahun 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling komunikasi dan membentuk sebuah jaringan.

Pada tahun 1972, Ray Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Di tahun yang sama, icon @ diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukan "at" yang artinya "pada". Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat.

Gambar : Ray Tomlinson, Sumber : en.wikipedia.org
Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan ARPANET. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Khan mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.

Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Estabillishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau Network. 

Pada 1979, Tom Trusscot, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan menciptakan telepon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan video link.

Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protocol atau IP. Di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal dengan nama Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Inggris, Belanda, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET

Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diciptakan sistem nama domain, yang kini dikenal dengan nama DNS atau Domain Name System. Setelah itu komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan menjadi 10.000 lebih dan trafik melonjak 10 kali lipat.

Pada tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang terhubung jaringan melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan.


Gambar : Jarko Orikarinen, Sumber : hipertextual.com
  
Gambar : Internet Relay Chat, Sumber : computerhope.com
Tahun 1990 adalah tahun palin bersejarah, ketika Tim Berners Lee menciptakan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer lainnya, yang membentuk jaringan itu sebuah program yang disebut www atau World Wide Web.

Gambar : Tim Berners Lee, Sumber : en.wikipedia.org
Pada tahun 1992, komputer yang terhubung ke jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah atau semboyan "Surfing The Internet". Pada tahun 1994, situs internet atau web sudah berkembang menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia mengalami perubahan besar serta teknologi yang makin maju. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, sekaligus kelahiran dari Netscape Navigator 1.0.

Gambar : Netscape Navigator Versi 1.0, Sumber : en.wikipedia.org
Mungkin itu saja mengenai sejarah internet lengkap, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

5 Komentar

  1. Mantap, berbicara Tentang internet min update tentang Perkembangan virus nya min Untuk referensi

    ReplyDelete
  2. Wow keren abis emang, kalau bicara soal internet gaada habisnya. Mantab min

    ReplyDelete
  3. Iya, perkembangan internet paling dramatis sejak penemuan WWW oleh Berners Lee. Masuknya internet ke Indonesia juga terbilang cepat dibanding sesama anggota Asia Tenggara lain khususnya Vietnam dan Kamboja. Bravo gan 😁

    ReplyDelete
  4. Ternyata adanya internet tahun 1969 gan, bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  5. Thanks ilmunya min,dari artikel lu gua tau tentang asal usul internet

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel