Pengertian Internet



DigitalPedia - Internet merupakan jaringan global komputer dunia, besar dan sangat luas sekali, setiap komputer saling terhubung satu sama lainnya dari negara ke negara lainnya di seluruh dunia dan berisi berbagai informasi, mulai dari teks, gambar, video, audio, dan lainnya.

Jadi di artikel ini Saya membahas materi pengertian internet secara umum, lengkap, dan mudah dipahami bagi para pelajar beserta fungsinya.


Internet itu sendiri berasal dari kata Interconnection Networking yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit, dan lainnya. Dalam mengatur integrasi dan jalur komunikasi jaringan komputer ini menggunakan protokol yaitu TCP/IP ( Transmission Control Protocol ) TCP bertugas untuk memastikan bahwa semua hubungan internet berkerja dengan benar, sedangkan ( Internet Protocol ) IP yang mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lainnya.

TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan, mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Gambar : Sistem jaringan internet, Sumber :dwmonkeys.wordpress.com
Untuk dapat menggunakan fasilitas internet, Anda harus berlangganan ke salah satu ISP ( Internet Service Provider ). ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa internet dan melayani di daerah Anda. Anda bisa menggunakan fasilitas dari Telkom seperti Telkomnet Instan, Speedy dan juga layanan ISP lain seperti First media, netzip dan sebagainya.

Internet memberikan banyak sekali manfaat, ada yang bisa memberikan manfaat baik dan buruk. Baik bila digunakan untuk pembelajaran informasi dan buruknya bila digunakan untuk hal-hal yang berbau kekerasan, penipuan, dan pornografi.

Internet ini memungkinkan pengguna komputer di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi dan berbagi informasi dengan cara saling mengirimkam emaila atau pesan, menghubungkan komputer satu ke komputer lainnya, mengirim dan menerima file dalam bentuk teks, audio, video, serta membahasa topik pada sebuah grup, website social network dan lainnya.

Mungkin itu saja mengenai pengertian Internet lengkap, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.


Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

2 Komentar

  1. Internet = International Network / Jaringan Internasional, bener kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau international network untuk kode panggilan Negara misalnya Indonesia itu +62

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel