Pengertian, jenis, dan fungsi proccesor


DigitalPedia - dalam dunia perkomputeran sudah tidak asing lagi dengan perangkat keras yang bernama proccesor, yap benar dalam merakit komputer dibutuhkan proccesor karena proccesor merupakan otak dari komputer yang menjalankan semua perintah-perintah di komputer agar dapat berjalan. Sebelum itu Anda harus mengetahui apa itu proccesor?.

Berikut di artikel ini Saya sajikan pengertian, jenis atau macam-macam proccesor, dan fungsi proccesor secara singkat dan lengkap.

Proccesor adalah otak dari komputer. Proccesor disebut juga Central Proccesing Unit atau disingkat CPU. Proccesor berukuran kecil dan kadang-kadang disebut mikroproccesor. Proccesor berkaitan dengan kecepatan proses kinerja komputer.

Proccesor merupakan bagian yang sangat penting di dalam sebuah komputer, karena proccesor yang mengatur kerja komputer sehingga bisa disebut otaknya komputer. Proccesor mempunyai beberapa unit fungsi sebagai berikut.

Arithmatics Logical Unit ( ALU ), merupakan bagian yang berperan sebagai pusat dari semua perhitungan matematis serta sebagai pusat pengolah data untuk menjalankan sebuah sistem komputer.

Control Unit ( CU ), merupakan bagian pengontrol kerja komputer dan mengatur lalu lintas data maupun perhitungan. Unit ini memungkinkan kalkulasi maupun eksekusi program dapat dilakukan secara berurutan tanpa tumpang tindih serta teratur.

Memory Unit ( MU ), merupakan bagian penyimpanan data sementara, sehingga proccesor tidak perlu lagi memanggil perintah yang sama ke bagian lain.

Proccesor dapat mengatur lalu lintas program, menjalankan perintah program dan melakukan perhitungan aritmetika. Proccesor juga dapat mengatur program apa yang dapat digunakan dalam sebuah komputer dan mengatur kecepatan pengolahan data. 

Perkembangan teknologi seiring zaman menjadikan para pembuat komputer selalu menawarkan proccesor terbaru dan sudah disetel secara signifikan. Kecepatan komputasi yang dimiliki sebuah proccesor bergantung pada jumlah transistor yang terdapat pada Integrated Circuit ( IC ) proccesor tersebut.

Gambar : Transistor, Sumber : wikipedia.org

Gambar : Integrated Circuit ( IC ), Sumber : wikipedia.org
Proccesor yang memiliki jumlah transistor yang lebih banyak pada IC-nya akan memiliki kecepatan yang sangat tinggi. Pembuatan proccesor dengan jumlah transistor yang besar membutuhkan teknologi yang tinggi serta tidak mudah dalam membuatnya.

Berikut beberapa tipe proccesor yang dibuat oleh vendor dengan spesifikasi serta tujuan pemakaiannya.

Pentium III

Gambar : Pentium III, Sumber : wikipedia.org
Proccesor Intel Pentium III memperluas jajaran keluarga proccesor 32 byte intel x86, Pentium III meningkatkan kualitas tampilan yang dibutuhkan untuk aplikasi dekstop pada umumnya sebaik workstation dan server.

Proccesor Pentium III kompatibel atau cocok dengan semua aplikasi yang diinstall pada DOS, Windows, OS/2 dan UNIX. Pentium III menggunakan soket Intel 370 dengan kecepatan maksimal sebesar 1,4 GHz, LI-Cache : 16 + 16 KiB, L2-Cache 256/512, dan FSB sebesar 133 MHz di serit tualatin.

Core™ 2 Duo



Core 2 Duo merupakan proccesor keluaran Intel yang memiliki kecepatan 2.400 MHz yang dirilis oleh perusahaan Intel pada tahun 2006.

Pesaing proccesor ini adalah AMD Athlon FX 60, Core 2 Duo lebih unggul daripada AMD Athlon FX 60 dengan perbedaan kinerja sekitar 15%. Dengan overclock hingga 3, 4 GHz, Athlon FX 60 hanya bisa unggul tipis dari Core 2 Duo. Hal ini membuktikan bahwa Core 2 Duo lebih efisien dalam kinerjanya.

Core 2 Quad



Intel Core 2 Quad merupakan proccesor keluaran intel setelah Core 2 Duo yang merupakan gabungan 2 proccesor Core 2 Duo cache L2 4 MB. Proccesor Core 2 Quad merupakan proccesor handal dan menarik serta aman menjadi pilihan untuk proccesor masa depan. Namun, banyak software yang belum kompatibel atau belum cocok dengan proccesor ini.

Core i7

Gambar : Core i7, Sumber : wikipedia.org
Intel Core i7 merupakan bagian dari platform Nehalem. Proccesor ini dianggap sebagai perubahan pada abad ini dibidang arsitektur prosesor, Perubahan prosesor baru ini berbeda dari generasi sebelumnya di letak memory controller.

Tidak seperti generasi sebelumnya seperti Pentium dan Core 2 Duo, dimana memory controller terletak pada chipset terpisah, yaitu Northbridge. Pada Intel i7 ini memiliki memory controller terletak pada pusat prosesor itu sendiri. Fitur lain dari Core i7 adalah penambahan SSE4 Extension pada instruction set, sehingga kinerja prosesor pada tatanan dan kinerja serta mulitmedia yang lebih baik.

AMD Athlon™
 
Gambar : AMD Athlon, Sumber : www.cpu-world.com

Athlon adalah seri mikroprosesor generasi ke-7 yang dibuat AMD dan merupakan pengganti dari seri K6yang dibuat oleh NexGen Corporation. AMD Athlon memiliki arsitektur prosesor mirip dengan 2 buah prosesor RISC 64-byte, yaitu Digital Equipment Corporation atau disingkat DEC  Alpha 21164 dan 21264. Kecepatan maksimal yang dimiliki prosesor seri Athlon adalah 500 MHz - 2, 33 GHz, dengan besar FSB 100 - 200 MHz.

AMD Opteron™


Gambar : AMD Opteron, Sumber : wikipedia.org
AMD Opteron merupakan sebuah prosesor 64-byte yang dirilis AMD pada tahun 2003 untuk pasar workstation, Arsitektur AMD Opteron sama dengan AMD Athlon 64. Untuk workstation, AMD Opteron berusaha menyaingi prosesor buatan Intel, yaitu Xeon dan pesaing Itanium di pasar high-end server.

AMD Opteron lebih jauh unggul dari prosesor Intel Xeon yang berbasis mikroarsitektur Intel NetBurst dilihat dari performance/watt-nya, tetapi belum bisa menyaingi efisiensi dari prosesor Itanium II. Memori digunakan untuk menyimpan data sementara atau dalam waktu yang lama.

Bila Anda ingin melihat Artikel yang lebih lengkap silahkan ke blog ini :
https://www.indoworx.com/pengertian-dan-macam-macam-processor

Mungkin itu saja mengenai pengertian, jenis, dan fungsi proccesor, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

9 Komentar

  1. Banyak juga ya jenis prosesor, makasih infonya

    ReplyDelete
  2. Artikel ini membantu saya dalam memilih komputer. Karena masing2 memiliki processor yang berbeda beda sesuai dengan kegunaannya masing2.

    ReplyDelete
  3. Gilaaaa AMD malaysia bersaing dengan Intel

    ReplyDelete
  4. Secanggih apapun sebuah komputer, tak berguna tanpa CPU 😁😁

    ReplyDelete
  5. Coba penjelasannya lebih di update ka, agar penjelasan lebih lengkap. Karena. Menurut saya prosesor kini sudah banyak versinya.

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata seperti itu pengertian tentang prosessor ya, sangat banyak sekali memang prosesor itu jenisnya kalau saya lebih memilih AMD daripada Intel, karena menurut saya AMD itu lebih baik untuk penggunaan gaming

    ReplyDelete
  7. Saat ini Intel dan AMD adalah dua produsen prosesor terbesar di dunia. Walaupun ada juga produsen prosesor lain seperti Zhaoxin yang tak kalah bagus tapi Intel dan AMD dominasinya sangat kentara di dunia komputer.

    ReplyDelete
  8. Bang
    request Generasi prosesor dong
    Perubahan peningkatan generasi per tahunnya apa aja

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel