Rekomendasi Distro Linux 2020

Digitalpedia - Linux merupakan sistem operasi alternatif dari windows dan macOS, linux banyak dipakai para expert dalam dunia IT karena kinerja dan fungsi nya. Selain itu linux merupakan sistem operasi yang tergolong ringan. Bahkan, lebih ringan dari Windows dan macOS menjadikan linux banyak dipakai para penggiat IT karena keunikannya. Selain itu sistem operasi linux banyak jenis atau turunanya atau yang lebih familiar disebut "distro linux".

Distro linux banyak dikembangkan oleh komunitas IT atau perusahaan-perusahaan sehingga menjadikan linux banyak varian nya. Ulasan di tahun 2020 kali ini kami akan bahas mengenai rekomendasi distro linux terbaik di tahun 2020, rekomendasi linux teringan di tahun 2020 serta distro linux paling ringan dan stabil.

Berikut adalah daftar distro linux terbaik di tahun 2020.

Ubuntu

Urutan pertama ini kami sajikan yaitu ubuntu linux, yups ubuntu adalah salah satu distro linux terbaik sampai 2020 ini. Karena ubuntu linux merupakan distro linux paling ringan dan stabil serta distro linux terbaik, ubuntu sendiri bisa disebut distro linux untuk pemula yang baru migrasi dari windows atau macOS.

Ubuntu menawarkan tiga edisi yaitu ubuntu dekstop untuk penggunaan pribadi, ubuntu server untuk penggunaan server atau cloud computing, dan ubuntu core. Ubuntu sendiri diambil dari filosofi di daerah Afrika selatan yang artinya "kemanusiaan kepada sesama", proyek ubuntu disponsori oleh pe
rusahaan Canonical Ltd.

 Gambar : tampilan ubuntu, sumber : wikipedia

Persyaratan minimum sistem ubuntu

Server :

Proccesor : 300 MHz

RAM : 128 MB

Penyimpanan : 1 GB

Resolusi monitor : 640×480

Dekstop :

Proccesor : 700 MHz

RAM : 512 MB

Penyimpanan : 5 GB

Resolusi monitor : 640×480

Rekomendasi persyaratan sistem ubuntu :

Proccesor : Dual - core 2 GHz

RAM : 4 GB

Penyimpanan : 25 GB lebih

Resolusi monitor : 1024×768

Kami sarankan untuk Anda yang lama atau baru terjun di linux menggunakan distro ubuntu linux, karena tampilan nya bagus, karena distro ubuntu linux salah satu distro linux yang stabil dan elegan serta direkomendasikan untuk pemula menjadikan distro ubuntu linux sampai saat ini salah satu rekomendasi distro linux 2020.


Zorin OS

Zorin OS merupakan distro linux untuk pemula dan distro linux yang elegan, zorin OS memiliki tampilan seperti Windows sehingga untuk pemula yang baru terjun di dunia linux zorin OS adalah pilihan distro linux untuk pemula.

Zorin OS dirancang untuk membuat komputer atau laptop Anda lebih cepat, kuat dan ringan serta keamanan tinggi. Zorin OS sangat fleksibel, tahan terhadap virus, dan kinerjanya baik di komputer atau laptop lama atau spek low.

Zorin OS mempunyai fitur unik yaitu tampilan sistemnya yang mirip windows sehingga memudahkan Anda. Zorin OS mempunyai beberapa edisi yaitu core, lite, dan ultimate.

Gambar : tampilan zorin OS, sumber : wikipedia

Zorin OS memiliki tampilan penuh grafis dan penginstal grafis dan menggunakan repositori perangkat lunaknya serta repositori ubuntu.

Zorin OS berbasis di Dublin dan dimulai pada tahun 2008, salah satu pendiri yaitu Rusia Artyom dan Kryill Zorin.

Rekomendasi persyaratan sistem zorin OS :

Proccesor : 1 GHz Dual core - Intel/AMD 64-bit proccesor

RAM : 2 GB

Penyimpanan : 10 GB lebih

Resolusi monitor : 800×600

Zorin OS kami masukkan ke dalam daftar distro linux terbaik 2020 dan distro linux untuk pemula.


Linux Mint

Linux mint menyediakan tiga jenis tampilan yaitu cinnamon, MATE, dan xfce. Linux mint merupakan distro linux yang berbasis ubuntu-debian sehingga kompatibel. Linux mint banyak dikembangkan serta banyak donatur, sponsor, dan mitra. Anda bisa mengembangkan linux mint sesuka hati Anda.

Linux mint masuk salah satu distro linux terbaik 2020, tampilannya rapih dan elegan serta banyak dipakai hingga saat ini. Linux mint mempunyai banyak komunitas di jagat sosmed sehingga bila Anda kebingungan, Anda bisa bertanya di forum atau komunitas linux mint di platform sosial media.

Linux mint bisa disebut distro linux elegan dan distro linux terbaik karena banyak pemakai nya hingga sampai saat ini, karena tampilan nya yang mudah dan elegan banyak komputer atau laptop dipakai linux mint.

Gambar : tampilan linux mint, sumber : wikipedia
Rekomendasi persyaratan sistem linux mint : 

Proccesor : 64 bit

RAM : 1 GB

Penyimpanan : 20 GB lebih

Resolusi monitor : 1024×768

Linux mint masuk kategori distro linux terbaik 2020 dan distro linux yang elegan.


ubuntu MATE

Ubuntu MATE masuk ke dalam kategori distro linux terbaik 2020, ubuntu MATE banyak pengguna dan rekomendasi karena distro linux ini merupakan distro linux yang paling ringan dan stabil.

Ubuntu MATE dipermudahkan dengan akses repositori perangkat lunak ubuntu serta kinerja yang ringan dan stabil sehingga banyak dipakai hingga saat ini. Bahkan, admin pun ingin migrasi ke ubuntu MATE.

ubuntu MATE diperuntukkan juga untuk device lama dan kentang serta ubuntu MATE mempunyai banyak komunitas dan forum sehingga mempermudah Anda dalam mencari solusi dari setiap permasalahan di ubuntu MATE.

Gambar : tampilan ubuntu MATE, sumber : wikipedia

Persyaratan minimum sistem ubuntu MATE :

Proccesor : Pentium M 1 GHz

Arsitektur : i386

RAM : 1 GB

Penyimpanan : 8 GB lebih

Resolusi monitor : 1024×768

Rekomendasi persyaratan sistem ubuntu MATE :

Proccesor : Core 2 Duo 1.6 GHz

Arsitektur : amd64

RAM : 4 GB

Penyimpanan : 16 GB lebih

Resolusi monitor : 1440×900


Elementary OS

Elementary OS merupakan sistem operasi berbasis ubuntu dan bisa mengakses repositori ubuntu, elementary OS menggunakan dekstop manager nya sendiri yang bernama pantheon. Elementary OS disebut sebagai distro linux yang kompatibel dan tampilan nya yang intuitif serta di desain serupa macOS.


Elementary OS masuk dalam kategori distro linux terbaik 2020, distro linux elementary OS banyak dipakai karena tampilannya yang elegan dan memukau. Elementary OS bisa dibilang mirip dengan sistem macOS.

Gambar : tampilan elementary OS, sumber : wikipedia

Rekomendasi persyaratan sistem elementary OS :

Proccesor : Intel atau amd 64-bit dual-core

RAM : 4 GB

Penyimpanan : 15 GB lebih

Resolusi layar : 1024×768

Elementary OS menjadikan salah satu distro linux terbaik 2020 dan distro linux elegan dan memukau.


Debian

Debian merupakan distro linux untuk programmer, karena banyak dipakai oleh para kalangan programmer. Debian merupakan distro linux yang sudah lama dikembangkan, debian mempunyai paket yang sangat lengkap dan sering ada pembaruan sehingga memudahkan penggunanya.

Debian juga banyak digunakan untuk keperluan server, jika Anda ingin mengontrol atau belajar server, debian adalah pilihan yang mutlak.

Tidak mengherankan sampai saat ini debian dikategorikan sebagai distro linux terbaik 2020 serta linux te
rbaik untuk programmer.

Gambar : tampilan debian, sumber : wikipedia

Rekomendasi persyaratan sistem debian :

Proccesor : Intel/amd

RAM : 1 GB

Penyimpanan : 10 GB lebih

 

Kali Linux

Kali linux merupakan OS yang terkenal dengan teknik hacking dan penetrasi yang populer, distro linux ini terkenal karena sebagian besar digunakan untuk testing keamanan sistem dan peretasan. Kali linux dikembangkan oleh offensive security dengan mengambil beberapa komponen inti dari pendahulunya yaitu backtrack.

Kali linux merupakan lanjutan pengembangan dari distro linux debian dan menerapkan model rolling release dan mempunyai lebih 300 tools atau alat untuk testing atau hacking sangat banyak dan lengkap dan selalu dalam keadaan up to date.

Kali linux mempunyai banyak komunitas dan forum sehingga mempermudahkan Anda jika ingin belajar etika peretasan dan ikut serta dalam kerja komunitas dan forum untuk pengembangan. Distro ini masuk dalam kategori disro linux terbaik 2020 dan distro linux untuk hacking.

Gambar : tamp
ilan kali linux, sumber : wikipedia

Rekomendasi persyaratan sistem kali linux :

Proccesor : i386 dan amd64

RAM : 2 GB

Penyimpanan : 20 GB lebih

 

MX Linux

MX linux merupakan distro linux hasil dari pengembangan debian yang menggunakan tampilan dekstop xfce yang dikenal sangat ringan. Tampilan nya yang bersih dan sederhana serta penggunaan distro ini sangatlah ringan dan fleksibel, cocok untuk Anda yang mencari distro linux teringan dan stabil.

MX Linux mempunyai stabilitas yang tinggi dan efisien, Anda akan merasa cocok menggunakan mx linux dalam penggunaan sehari-hari. MX Linux mempunyai alat dasar salah satunya penginstal grafis yang menangani komputer UEFI. Tujuan dibuatnya distro mx linux untuk menyatukan konsep dekstop yang elegan dan efisien dengan stablitas tinggi dan kinerja yang solid.

Gambar : tampilan mx linux, sumber : wikipedia

Persyaratan minimum sistem mx linux :

Proccesor : intel/amd

RAM : 512 MB

Penyimpanan : 5 GB

 

Manjaro

Manjaro adalah distro linux yang menggunakan basis arch linux, manjaro mempunyai tampilan yang ramah dan aksesibilitas yang baik. Manjaro memakai model rolling release sehongga pengguna tidak perlu menginstal ulang untuk memutakhirkan sistem operasinya serta software yang up to date.

Manjaro memiliki manajemen paket yaitu pacman dan dapat di konfigurasi, manjaro hadir menggunakan basis CLI dsn basis GUI. Manjaro masuk ke dalam kategori linux terbaik 2020 dan untuk Anda


 yang pemula bisa menggunakan manjaro sebagai sistem operasi Anda.

Gambar : tampilan sistem manjaro linux, sumber : wikipedia

Persyaratan minimum sistem manjaro :

Proccesor : 1 GHz

RAM : 1 GB

Penyimpanan :  30 GB

 

Deepin

Deepin merupakan sistem yang berbasis debian, sistem ini sangat handal untuk dipakai dalam kegiatan sehari-hari. Deepin menggunakan deepin dekstop environment sebagai tampilan dekstop nya. Tampilan nya yang elegan dan indah sehingga linux ini masuk kategori distro linux terbaik 2020, serta distro linux yang stabil dan ringan.

Gambar : tampilan sistem deepin, sumber : wikipedia

Rekomendasi persyaratan sistem deepin :

Proccesor : 2 GHz

RAM : 2 GB

Penyimpanan : 25 GB lebih

 

Arch linux

Arch linux merupakan sistem yang banyak digunakan karena banyak nya konfigurasi kustomisasi nya, arch linux di desain untuk kesederhanaan dan minimalis sehingga membutuhkan kebiasaan memakai linux. Arch linux memberi kebebasan untuk memasang antarmuka apapun dan meng konfigurasi nya.

Arch linux sebuah distribusi berbasi binary, sehingga paket-paket yang di distribusikan telah terkompilasi. Arch linux juga menggunakan mode rolling release sehingga up to date.

Arch linux juga banyak pengguna nya hingga banyak komunitas dan forum di jagad sosmed. Memudahkan Anda jika ingin berdiskusi atau bertanya mengenai arch linux di sosmed. Arch linux masuk kate
gori distro linux terbaik 2020.

Gambar : tampilan sistem arch linux, sumber : wikipedia

Rekomendasi persyaratan sistem arch linux :

Proccesor : 64 bit

RAM : 2 GB

Penyimpanan : 20 GB lebih

 

openSUSE

OpenSUSE merupakan sistem yang dibangun untuk menciptakan distribusi linux yang stabil dan ramah pengguna, openSUSE dapat digunakan untuk sistem operasi dekstop dan server. openSUSE dikembangkan dengan komunitas melalui proyek openSUSE dan sejumlah perusahaan lain dan disponsori oleh SUSE.

openSUSE banyak digunakan sebagai sistem dekstop baik di komputer ataupum laptop, sehingga distro ini melejit dan masuk kategori distro linux untuk pemula dan distro linux terbaik.

Gambar : tampilan sistem openSUSE, sumber : wikipedia

Rekomendasi persyaratan sistem openSUSE :

Proccesor : intel/amd 64 bit

RAM : 4 GB

Penyimpanan : 20 GB lebih

Resolusi monitor : 1024×768

 

CentOS

CentOS adalah salah satu distro linux yang open source dan berkembang dari komunitas atau penggiat linux Red hat. centOS banyak digunakan untuk keperluan server, menjadikan centOS salah satu distro linux paling ringan dan stabil serta distro linux untuk server. Jadi Anda yang ingin belajar server cobalah centOS sebagai pilihan Anda.

Gambar : tampilan sistem centOS, sumber : wikipedia

Rekomendasi persyaratan sistem centOS :

Proccesor : 2 GHz, 64 bit

RAM : 2 GB

Penyimpanan : 20 GB lebih

Mungkin itu saja mengenai rekomendasi distro linux 2020, jangan lupa share ke teman-teman mu dan komen bila ada yang ingin ditanyakan atau disampaikan.

Digitalpedia Perkenalkan saya Admin blog Digitalpedia mudah-mudahan blog saya menginspirasi dunia teknologi dan informasi

3 Komentar

  1. rekkomendasi dong dengan distro linux untuk anak-anak

    ReplyDelete
  2. Zorin paling bagus deh menurut saya daripada centos

    ReplyDelete
  3. Linux memang bagus sih. Ga mudah terserang virus atau malware gitu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel